Info Clinic:

*****"PENGOBATAN KECANTIKAN GIGI DAN MULUT"*****

Biasakan membersihkan karang gigi secara rutin


Manusia kadang cenderung suka menyusahkan dirinya sendiri, bagaimana tidak? Mereka enggan mengeluarkan beberapa puluh ribu rupiah (bagi yang punya uang lho ) untuk kontrol ke dokter gigi atau bahkan membersihkan karang gigi (scaling). Mereka lebih suka mengeluarkan beberapa ratus ribu bahkan jutaan rupiah untuk menambalkan giginya yang sudah terlanjur rusak karena sangat malas ke dokter gigi dengan rutin. Jangan bilang kebiasaan ke dokter gigi hanya urusan orang yang mampu, bahkan di puskesmas dengan 3400 rupiah (tarif di Puskesmas-puskesmas Sleman, Yogyakarta saat ini) anda bisa mendapatkan kesempatan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi dan tidak sedikit dokter gigi di puskesmas adalah dokter gigi spesialis.
Karang gigi itu apa sih? Kalau bahasa aslinya sih, disebut calculus, para dokter gigi biasa menyebut dengan kalkulus (setelah di indonesiakan). Seharusnya saya bisa memberikan pengertian kalkulus dari text book, tetapi untuk itu saya harus membuka buku di rumah, jadi sementara saya berikan pengertian kalkulus
dari wikipedia yaitu tumpukan deposit di gigi yang mengalami kalsifikasi, sebagai proses lanjutan dari adanya plak pada gigi. Permukaan gigi yang kasar merupakan empat ideal terbentuknya plak pada gigi dan akhirnya dapat mengancam kesehatan ginginya.
Perawatan untuk membersihkan karang gigi disebut scaling dan root planning, sering disebut skaling saja karena scaling dan root planning itu satu paket perawatan yang tidak bisa tidak harus dilakukan dalam tingkatan tertentu. Skaling adalah penghilangan jaringan penyakit seperti kalkulus dan lainnya sementara root planing adalah untuk memperbaiki permukaan gigi sehingga tidak terdapat permukaan kasar sebagai tempat untuk mudahnya plak gigi terbentuk. Alat-alat yang digunakan contohnya adalah seperti ini :
Sementara cara-caranya seperti ini :
Skaling 1
Skaling 2
Skaling 3
Skaling 4
Rasa ngilu hingga sensasi gigi goyah yang sering timbul pasca perawatan ini adalah hal yang biasa terjadi karena sebelum perawatan gigi tersebut tertutup oleh kalkulus dan saat kalkulus terbuka maka gigi dan gusi (gingiva) harus menyesuaikan kondisi lagi maka timbullah sensasi gigi goyah dan rasa ngilu. Pada pasien lain mungkin juga akan muncul perdarahan. Apabila setelah perawatan gangguan-gangguan ini tidak berkurang, maka sebaiknya segera konsultasikan lagi ke dokter gigi anda. Nah, berhubung kita tidak mampu membersihkan karang gigi kita sendiri apalagi kalau sudah masuk di bagian subgingiva alias di bawah gusi, jadi sebaiknya mulai saat ini membiasakan untuk ke dokter gigi. Saya yakin akan terjadi banyak penghematan dengan kebiasaan ke dokter gigi secara rutin.
untuk sahabat murti boncu yang  ingin perawatan gigi berbagai keluhan,contpnya scallung /membersikan karang gigi. langsung saja datangi : clinic dental kami di 
Apotik Kimia Farma Jl.Kartini N0 44/45 Bandar Lampung ... :D
silahkan hubungi via line telepon di: 089648002786 :)










3 komentar:

lee mengatakan...

makasih kaksakit gigi | jerawat

Unknown mengatakan...

Harga utk bleaching gigi brp ya kak??

Unknown mengatakan...

Kalo scalling itu sendiri biayanya berapa ya?